Tips-tips Terbaik Dalam Merawat Koper Fiber

merawat koper fiber

Merawat koper fiber – Untuk dibawa bepergian jauh, seperti ke luar negeri kita akan membutuhkan koper. Jika membawa tas, maka barang bawaan kita tidak akan bisa tercover dengan baik. Jika membawa tas, kita membutuhkan lebih dari satu tas. Namun jika menggunakan koper, barang bawaan beberapa tas bisa dijadikan satu koper. Banyak jenis koper yang bisa kita gunakan, salah satunya adalah jenis koper fiber. Cara merawat koper fiber ini pun hampir sama dengan cara merawat koper-koper biasa.

Koper jenis fiber ini banyak dipilih karena koper jenis ini memiliki keistimewaan dan keunggulan tersendiri. Bahan fiber dijamin lebih awet. Bahannya tahan lama dan bisa dijadikan sebagai koper andalan. Berikut adalah tata cara merawat koper fiber yang bisa anda coba. Berikut ini tips-tips terbaik dalam merawat koper fiber:

1. Segera membersihkan koper setelah selesai digunakan
Merawat koper fiber adalah jangan membiarkan koper begitu saja setelah digunakan. Segera bersihkan agar kotoran yang ada di dalam maupun di luar koper menjadi bersih. Gunakan sikat pembersih dalam membersihkan koper. Tidak perlu menggunakan air, yang terpenting adalah rajin dan telaten dalam menyikatnya. Jika tidak segera dibersihkan, dikhawatirkan kotoran yang menempel dalam koper malah jadi membandel. Bungkus rapi dengan plastik pembungkus agar tidak terkena debu.

2. Jemur koper di tempat yang teduh
Jangan menjemur koper di bawah sinar matahari, karena bisa membuat warna koper memudar dan seratnya rusak. Tujuan merawat koper fiber dengan cara dijemur ini adalah untuk diangin-anginkan. Membuat bau kurang sedap dari koper. Tidak butuh waktu lama untuk menjemur, cukup beberapa jam saja, lalu taruh silica gel di dalam koper dan simpan. Penggunaan silica gel ini adalah untuk merawat bagian dalam koper agar tidak rusak. Kita bisa mendapatkan silica gel ini di toko-toko terdekat, sangat mudah dijumpai dan diaplikasikan.

3. Gunakan bungkus koper untuk menyimpannya
Sebelum meletakkan ke dalam ruang atau tempat penyimpanan, sebaiknya bungkus koper terlebih dahulu. Jangan langsung di simpan, karena biasanya kita menyimpan koper di atas almari. Jika tidak dibungkus terlebih dahulu, maka debu akan lebih mudah menempel lagi.

Untuk jenis plastik yang digunakan sebagai pembungkus, kita bisa membeli plastik khusus pembungkus koper atau menggunakan plastik biasa dengan ukuran sebesar koper yang kita miliki. Penggunaan plastik sebagai pembungkus ini dirasa lebih efektif. Bahkan jika perlu, akan lebih baik menggunakan pembungkus koper yang memang khusus dijadikan satu paket dengan pembelian koper. Sehingga kita tidak perlu bingung dengan ukurannya karena sudah disesuaikan dengan ukuran koper.

4. Bersihkan trolley koper agar tidak berkarat
Yang dibersihkan bukan hanya bagian badan koper saja, bagian trolleynya juga harus dibersihkan. Karena bagian trolley ini sangat rentan dengan karat. Untuk mencegahnya, kita bisa mengolesi trolley dengan minyak untuk menghindari pengkaratan.

Yang menyebabkan pengkaratan ini adalah pergesekan dengan udara. Baik saat penyimpanan maupun saat dipakai. Segera bungkus dengan plastik setelah selesai digunakan agar trolley terawat dan tidak berkarat.

Tips merawat koper fiber ini harus diperhatikan dengan benar. Jikalau rusak, malah akan merugikan kita sendiri. Koper yang seharusnya bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama justru lebih cepat rusak, sehingga kita harus mengeluarkan budget lagi untuk membelinya.

Apalagi untuk jenis koper fiber yang harganya tidak main-main karena kualitasnya yang sangat bagus.Untuk itulah akan lebih baik jika benar-benar merawat koper yang kita miliki agar awet. Cara merawat koper fiber ini tidak sulit, yang terpenting adalah telaten untuk membersihkannya setelah digunakan sebelum disimpan kembali.

Add a comment

*
*


6 + eight =

*